Share/Bookmark

TENTANG 'ISO' PADA KAMERA

No comment yet


Pertama-tama, apa itu ISO?. ISO singkatan dari International Standards Organization, dulu adalah American Standar Association atau lebih dikenal sebagai ASA, merupakan istilah yang berasal dari zaman fotografi film. Pada dasarnya, semua orang ingin film berperan sama sehingga secara teknis Anda bisa membeli satu merek film dengan kecepatan 200 dan membeli merek lain dengan ISO yang sama dan mendapatkan hasil yang sama pula. Kecepatan mengacu pada berapa lama waktu yang dibutuhkan film untuk memproses gambar di depannya.

Fotografi pada kamera digital telah membuat sentuhan baru pada semua ini. Dulu jika Anda memotret outdoor dan berpindah ke indoor,  Anda harus menggantikan jenis film yang Anda pakai. Sekarang, dengan digital fotografi Anda cukup menekan beberapa tombol dan Anda siap dengan pengaturan  ISO baru.

Kecepatan mengacu pada sensitivitas film. Bahan kimia dalam film kecepatan tinggi akan bereaksi lebih cepat dan dengan demikian membutuhkan waktu lebih sedikit shutter terbuka untuk mengambil foto. Ini bagus jika Anda sedang memotret acara olahraga atau memotret dalam keadaan cahaya rendah, namun ada sedikit masalah. Senyawa kimia pada film akan membuatnya kasar atau apa yang sekarang sering disebut sebagai “noise”. Film ini bekerja dengan baik dalam foto tertentu, dalam keadaan gelap atau berkabut dan Anda ingin menciptakan suasana tertentu, namun pada hari yang cerah di mana Anda mungkin menginginkan gambar yang tajam,  Anda akan menggunakan kecepatan rendah.

Penerapan ISO: Berikut ini adalah daftar speed dan di mana Anda ingin menggunakannya.
100-200 siang hari
400-600 Multiguna / Indoor
800-1200 Indoor / Cahaya Rendah

Tetapi untuk standar kamera digital keluaran terbaru,  maksimum Iso bisa sampai 6400, tetapi Iso diatas 1200 tidak disarankan untuk pemula seperti saya, karena akan menimbulkan noise pada hasil gambar.

Ada 2 nasihat terbaik menurut saya, yang pernah saya dapat dari teman. Yang pertama adalah kenali peralatan Anda. Pastikan Anda membaca manual book sehingga Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya kamera Anda. Yang kedua adalah untuk “bermain-main” dengan kamera Anda.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk menekan tombol shutter, mencari sudut baru, dan mencoba untuk menemukan cara yang berbeda. Ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan hasil lebih baik pada hobi ini.

Pengaturan ISO:



Source: 

Post a Comment

HOME | ABOUT

Copyright © 2011 Kamera Gila | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER